50 PEMUDA KALTIM PEREBUTKAN 3 KUSRSI WAKIL KALTIM DI SAIL NIAS 2019

Sebanyak 50 Pemuda dari 9 Kabupaten Kota di kaltim saling berkompetisi untuk memperebutkan 3 kursi wakil Kalimantan Timur pada Sail Nias 2019 dengan tema "Nias sebagai gerbang ke tujuan wisata bahari dunia".

Kadispora Kaltim, Syirajudin menyampaikan agar para peserta dapat  mengeluarkan seluruh potensi yang dimilikinya, sehingga nantinya wakil Kaltim yang terpilih benar-benar merupakan mereka yang memiliki lebihan dan yang terbaik dari hasil penilaian juri.

"Saya harapkan juri bersifat fair dan menilai sesuai kemampuan peserta, wakil Kaltim haruslah mengerti potensi budaya pariwisata dan budaya kalimantan Timur, karena sebagaimana dilaporkan Ketua DPD Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara, bahwa setiap perwakilan akan mempresentasikan daerahnya terutama potensi marirtim dihadapan Menteri bahkan Presiden,"ujarnya ketika membuka seleksi Kapal Pemuda Nusantara Delegasi Kaltim tahun 2019 yang berlangsung di Ruang Studio Dispora kaltim, Rabu (7/8).

Kepada peserta yang nantinya terpilih, Syirajudin meimnta mereka agar memanfaatkan kegiatan Kapal pemuda Nusantara untuk mempromosikan potensi budaya, pairiwsata, etnik serta yang paling penting destinasi wisata unggulan Kalimantan Timur.

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi KPN Delegasi Kaltim tahun 2019, Hairudin dalam laporannya menyampaikan bahwa dari pendaftaran online yang diterimapanitia sebanyak 80 pemuda mendaftar, namun setelah dialkuakn seleksi administrasi dan kelengkapan lainnya, hanya 50 peserta yang dinyatakan lulus untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

"Adapun seleksi yang harus diikuti peserta meliputi seleksi psikotes, wawasan kebangsaan, pengetahuan perikanan dan kelautan, wawasan kedaerahan, tes kesehatan, tes samapta, serta tes wawancara termasuk presentasi proposal potensi kebaharian kaltim dan seni budaya,"lapornya.

Ketua DPD Korps Alumni Kapal Pemuda Nusantara  (KAKPN) Kaltim, Syaifudin menambahkan Sail Nias akan berlangsung di lima kabupaten dan kota di Nias dan akan menawarkan 17 kegiatan, termasuk World Surf League Nias, Wonderful Expo, Parade Perahu Nelayan Tradisional, Seminar Warisan Budaya Nias, Pameran Kuliner, Festival lompat batu Fahombo Batu, Archipelago Festival, dan Skydiving Attraction.

"Sail Indonesia sendiri merupakan ajang tahunan wisata bahari yang telah diselenggarakan sejak 2009 lalu. Daerah terakhir yang menjadi tuan rumah penyelenggara Sail Indonesia ini adalah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada September 2018 lalu, yaitu Sail Moyo Tambora. dan untuk tahun ini Nias yang menjadi tuan rumah penyelenggara,"katanya.

Adapun tim seleksi KPN delegasi kaltim tahun 2019 terdiri dari DPD KAKPN Kaltim, Aktivis atau Penggerak organisasi, Dosen Fakultas Peikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulwarman, serta Duta wisata indonesia Kalimantan Timur. (rdi)