50 GURU OLAHRAGA SE KALTIM IKUTI PELATIHAN TENAGA KEOLAHRAGAAN

Dispora Kaltim menggelar Pelatihan Tenaga Keolahragaan Provinsi Kalimantan Timur yang dibuka Kadispora Kaltim, Syirajudin, Selasa (23/7) di Aula Dispora Kaltim.

Pelatihan ini merupakan program kerja Asisten Deputi Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI, dan untuk Kaltim peserta sebanyak 50 Guru Olahraga dari 10 Kabupaten/Kota di Benua Etam.

"Pembangunan olahraga yang terus digalakkan, memerlukan adanya proses pembinaan yang berkesinambungan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Tidak hanya pembinaan olahragawan, tenaga keolahragaanpun memerlukan adanya pembinaan yang komprehensif agar tercipta tenaga keolahragaan yag memiliki kompetisi unggul,"kata Syirajudin ketika membuka acara tersebut.

Dengan demikian lanjutnya, akan tercipta sebuah proses pembinaan yang semakin membaik, yang salah satunya, ditandai dengan semakin kompetitifnya out put yang dihasilkan. Peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga keolahragaan telah menjadi komitmen nasional dalam rangka pembangunan jangka panjang.

"Oleh karena itu, berbagai kegiatan yang dipandang memiliki dampak signifikan dalam peningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga keolahagaan, perlu terus di kembangkan. Karena bagaimanapun Tenaga keolahragan merupakan elemen yang sangat penting dalam menciptakan olahragawan yang dapat bersaing pada berbagai level kejuaraan olahraga,"tambahnya.

Syirajudin pun menegaskan berdasarkan hal tersebut, tenaga keolahragaan perlu diberikan pembekalan berbagai disiplin ilmu yang komprehensif dan terbaru, mengingat begitu pesatnya perkembangan ilmu dan pengetahuan keolahragaan.

Jika hal ini tidak dilakukan, maka akan dipastikan bahwa prestasi olahraga nasional akan semakin tertinggal dari negara-negara lain yang sudah menggunakan pendekatan keilmuan terbaru.

"Sebelum menutup sambutan, Saya berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti setiap materi yang disampaikan narasumber sebagai bekal yang bermanfaat dalam membina dan melatih atlet,"pesannya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan, Ego Arifin dalam laporannya yang dibacakan Kasi Promosi dan Prestasi Olahraga, Rasman, pelatihan ini akan berlangsung hingga Jumat, 27 Juli 2019, dengan materi diantaranya Psikologi Olahraga, Manajemen Kepelatihan Olahraga, Metodologi Olahraga, Latihan Kondisi Fisik, Fisiologi Olahraga, Pertumbuhan dan Perkembangan, Perencanaan Program Latihan serta yang terakhir Tes dan Pengukuran.

Adapun pemateri berasal dari Asdep Peningkatan Olahraga Kemenpora, ahli keolahragaan dari sejumlah Universitas di Kaltim dengan tema "Mewujudkan Tenaga Keolahragaan yang Memiliki Pengetahuan, Keterampilan dan Kemampuan yang berkualitas".(rdi)