38 Calon Paskibraka Kaltim Mulai Berlatih

Samarinda- Pelatihan bagi 38 Paskibraka Kalimantan Timur yang akan bertugas pada HUT kemerdekaan Republik Indonesia di Tingkat Provinsi Kaltim pada tanggal 17 Agustus 2016 mendatang resmi dimulai.

Pelatihan tersebut dilaksanakan sejak 31 Juli 2016 hingga 18 Agustus 2016 dengan pemusatan latihan di  Kompleks Stadion Madya Sempaja. Untuk tahun ini,  38 Paskibraka tersebut berasal dari Samarinda 11 orang, Kukar 3 orang, Balikpapan 3 orang, PPU 3 orang, Paser 3 orang, Bontang 3 orang, Kubar 3 orang, Kutim 3 orang, Berau 3 orang dan Mahakam Ulu 3 orang.

Gubernur Kaltim dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plh. Sekretaris Daerah Pemprov Kaltim, Meiliana, mengatakan bahwa menjadi anggota Paskibraka merupakan sebuah kebanggaan, karena tidak semua orang dapat memiliki kesempatan seperti itu. Tentu hal ini juga mengandung tanggungjawab yang besar.

“Paskibraka juga merupakan bagian generasi muda penerus estafet perjuangan dan pembangunan yang mempunyai tanggung jawab untuk mempertahankan integritas, serta mewujudkan cita–cita perjuangan para pahlawan dan pendiri bangsa. Sebagai bagian dari generasi pewaris dan penerus perjuangan dan pembangunan,”kata Meiliana saat membuka secara resmi pelatihan Paskibraka Tingkat Provinsi Kalimantan Timur, Senin (1/8) di Aula Dispora Kaltim.

Lebih lanjut, dikatakannya bahwa pelatihan ini membentuk mental para peserta menjadi calon pemimpin. Peserta diberikan latihan kepemimpinan, sehingga mereka bisa menjadi pemimpin di masa mendatang. Selain itu, peserta juga akan dibina mental dan fisik serta spiritualnya, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika menjalani pengibaran bendera pada HUT Kemerdekaan 17 Agustus 2016.

Sementara Kepala Dispora Kaltim Fachruddin Djafrie mengungkapkan selain 38 orang yang akan berlatih untuk tingkat Provinsi, Kaltim juga telah berhasil meloloskan dua paskibraka untuk tingkat nasional, masing-masing Gery Yulisan Ramadhan asal Bontang dan Jeane Rahmawati Sari asal Samarinda.

“Peserta Pelatihan ini merupakan hasil seleksi calon peserta paskibraka tingkat  provinsi  dan tingkat nasional yang telah dilaksanakan pada  tanggal  2 s/d 4  mei  2016 lalu, jadi walaupun waktu persiapan mereka lebih singkat. Namun demikian, mereka yang terpilih adalah yang terbaik dari kabupaten/kota,” jelas Fachruddin Dajprie dalam laporannya.

Setelah menjalani pelatihan dan puncaknya pada HUT ke-71 RI pada 17 Agustus 2016, tepatnya pada 19-22 Agustus 2016 juga akan mengikuti anjangsana ke Provinsi Jawa Barat yang dibiayai Dispora Kaltim. (rdi)