2020, DISPORA PROGRAMKAN PELATIHAN DAN PEMAGANGAN WIRAUSAHA PEMULA

SAMARINDA-Kabid Pengembangan Pemuda, Hardiana Muriyani, mewakili Kadispora memimpin tim Dispora Kaltim membahas rencana kerjasama pelatihan dan pemagangan wirausaha muda pemula dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Kedatangan Tim Dispora diterima langsung oleh ketua LPPM UNY, Prof.DR Sunyata. M.si dan segenap jajaran dosen UNY Yogyakarta, Kamis (26/12) di Gedung LPPM UNY Jalan Colombo Yogyakarta.

Hardiana menjelaskan kegiatan ini merupakan tindak lanjut nota kesepahaman bersama Dispora Kaltim dan LPPM UNY tahun 2018 lalu tentang kepemudaan dan keolahragaan bahwa pokok pembahasan pertemuan ini yakni akan dilakukannya kegiatan pelatihan dan pemagangan untuk wirausaha pemuda pemula Kaltim.

"Dalam perjanjian kerjasama tersebut dijelaskan bahwa ruang lingkup kerjasama Dispora dengan LPPM UNY ini meliputi Bidang Kepemudaan yang terdiri dari pendidikan, pelatihan pengkajian, penelitian Sumber Daya Pemuda, tenaga kepemudaan formal dan non formal, penelusuran dan pemanfaatan IPTEK, pemanfaatan Tekhnologi tepat guna, Kewirausahaan, Disabilitas, dan Tekhnologi Industri,"jelasnya
UNY sendiri dipilih karena keberhasilan mereka sebagai peringkat ke 2 perguruan tinggi se Indonesia yang berhasil mengelola inkubator bisnis. Salah satu keberhasilan UNY yang menjadi unggulan mereka yakni memproduksi Astro Bike Sepeda Listrik berbasis aplikasi Smartphone.

Kadispora Kaltim, Syirajudin pun mengharapkan agar kegiatan pelatihan dari kerjasama ini nantinya dapat berjalan lancar sebagai upaya Dispora Kaltim mengembangkan kualitas pemuda Kalimantan Timur ke depan.

"Kemitraan ini juga dalam rangka memberikan pelayanan semaksimal mungkin di bidang kepemudaan dan keolahragaan. Beberapa kerjasama yang telah dan akan  dilakukan diantaranya program magang pemuda untuk meningkatkan beberapa keterampilan di Universitas Negeri Yogyarta (UNY),"jelasnya.

Syirajudin pun menyampaikan peningkatan kerjasama dilakukan melalui program aksi yang lebih produktif dan implementatif. Salah satunya dengan adanya Jalur kerjasama akan mempermudah dalam hal masuk perguruan tinggi serta dalam hal pendampingan program kegiatan.

LPPM UNY sendiri merupakan salah satu lembaga pelaksana akademik yang bertugas melaksanakan tugas pokok dan fungsi UNY dalam bidang penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.(rdi)