20 PEMUDA KEMBALI IKUTI PELATIHAN PENGURUSAN JENAZAH

SAMARINDA- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim, kembali mengadakan pelatihan pengurusan jenazah untuk tahap ke dua yang diikuti 20 Pemuda, Kamis (5/11/2020).

Selain mendapatkan teori pengurusan jenazah, mereka juga mempraktikkan langsung cara memandikan, mangafani, menyalatkan, hingga menguburkan jenazah.

Kabid Pemberdayaan Pemuda, Bahri, mewakili Kadispora Kaltim, H M Agus Hari Kesuma mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk membangun mindset masyarakat bahwa mengurus jenazah itu mudah. Tak hanya itu, pelatihan ini juga bertujuan membentuk organisasi pengurusan jenazah dari mulai ketua sampai tim yang mengurus jenazah yang kesemuanya berusia pemuda.

“Dispora telah membentu Forum Pemuda Fardhu Kifayah, yang anggotanya adalah para pemuda alumni pelatihan pengurusan jenazah yang digelar Dispora Kaltim dari tahun 2019 lalu,”ujar Bahri.

Dirinya pun kembali menegaskan kepada semua yang terlibat agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan diantaranya selalu menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.

Supaya mudah diikuti, pelatihan diselingi dengan praktik. Para peserta juga diajarkan cara membuat pakaian jenazah dari kain kafan asli dengan narasumber dari IAIN Samarinda, masing- masing Abnan Pancasila Wati serta Abdul Syukur(rdi)