16 RIBU ORANG AKAN RAMAIKAN FORNAS V KALTIM

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur serius mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) V yang akan berlangsung di Kota Samarinda 14-18 November 2019 mendatang. Sebagaimana yang berlangsung Senin (29/4) pagi, bertempat di Ruang Rapat Sekda lantai 2 Kantor Gubernur Provinsi Kaltim, dengan dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas Sekda Prov. Kaltim, DR Meiliana, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan  instansi terkait mengikuti rapat koordinasi persiapan kegiatan tersebut.

"Kita telah meluncurkan dan meresmikan Pesut sebagai maskot kegiatan ini bersama dengan logo pada 22 April 2019 lau di Jakarta yang juga dihadiri Menteri Pemuda dan olahraga RI, Imam Nahrawi. Selanjutnya kita harus mempersiapkan diri untuk pelaksanaan rapat koordinasi dan workshop yang akan diikuti seluruh Induk Organisasi yang berlomba yang dilaksanakan minggu ini sekaligus peninjauan venue yang akan digunakan,"jelas Meiliana ketika membuka rapat tersebut.

Dirinya pun mengajak  seluruh OPD dan instansi terkait lainnya serta sektor swasta bergabung bersama-sama mensukseskan penyelenggaraan Fornas V yang memiliki visi Trisukses meliputi Sukses Penyelenggaraan, Sukses Ekonomi Kreatif, dan Sukses Administrasi, apalagi Kemenpora dan federasi Olahraga MAsyrakat indonesia (Formi) Nasional mengatakan bahwa kegiatan ini rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia.

"Terkait hal tersebut, kami juga tentunya berharap Pemerintah Kota Samarinda mulai bersolek diri mempercantik Kota Tepian yang akan menjamu tamu dari berbagai penjuru di tanah air, yang tentunya kedatangan mereka akan mengangkat perekonomian masyarakat diantaranya kuliner dan parwisata serta kesiapan akomodasi, termasuk juga hal yang sama akan berdampak hingga ke Tenggarong yang memiliki sejumlah obyek wisata dan hanya berjarak 30 kilometer dari Kota Samrinda,"harapnya.

Kadispora Kaltim, Syirajudin, menambahkan Fornas ke-5 akan diselengarakan di 4 titik lokasi yakni GOR Sempaja yang memperlombakan sebagian besar Induk Organisasi dan Olahraga kearifan lokal, kemudian GOR Segiri Samarinda, Folder Air Hitam, dan satu lagi akan diselenggerakan di Bigmall meliputi BMX, skate board dan air soft gun.

"Selain lomba, pada kegiatan ini juga akan di selenggarakan festival budaya yang akan menampilkan gelar budaya dari seluruh provinsi di tanah untuk itu, kami akan siapkan 8 hingga 10 panggung. di GOR Sempaja juga akan ada pameran yang menyajikan usaha dari masyarakat yang mendukung pariwisata,  mulai dari kuliner hingga barang kerajinan Kaltim, bazar dan hiburan rakyat lainnya, hal ini tentunya momentum yang tepat bagi UMKM di Kaltim,"ujarnya.

Untuk publikasi selain mempublish  melalui media massa, panitia juga akan berencana memasang baleho di Bandara Seokarno Hatta Jakarta, Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda, dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan.(rdi)